Kamis, 29 April 2010

Tujuh Resep Memulai Sebuah Bisnis Online

Memulai bisnis online adalah sebuah pengalaman. Berikut ada 7 resep untuk membantu kesuksesan Anda.

1. Perlakukan Bisnis Anda Seperti Sebuah Bisnis. Kalau Anda memperlakukan bisnis Anda seperti Anda memperlakukan hobi, Anda akan gagal. Lihatlah diri Anda sebagai CEO dan jalankanlah.

2. Bertindaklah. Sesuatu tidak akan terjadi sampai Anda bertindak melakukan sesuatu. Bertindak untuk memulai menjalankan bisnis Anda.

3. Bekerja Keras. Jangan biarkan siapapun mengatakan Anda bodoh sampai berpikir bahwa memulai sebuah bisnis online adalah sesuatu yang mudah. Bisnis online memerlukan banyak hal yang harus dikerjakan, terutama jika Anda adalah seorang pemula.

4. Bertanyalah Jika Membutuhkan Bantuan. Banyak orang mengalami kegagalan karena mereka tidak mau bertanya jika mengalami kesulitan. Mereka boleh jadi malu atau memang keras kepala untuk membuktikan bahwa mereka mampu mengerjakan sendiri. Hampir pada setiap bisnis di luar sana, apakah itu online maupun offline membutuhkan bantuan dari seseorang atau suatu tempat. Janganlah membatasi kesuksesan bisnis Anda hanya karena Anda mempunyai sikap gengsi yang tinggi (malu adalah salah satu jenis sikap gengsi) untuk bertanya jika membutuhkan bantuan.

5. Tetaplah Fokus. Sangat mudah bagi Anda untuk tergelincir pada peluang lainnya, terutama jika Anda sedang berjuang. Ingin menemukan jalan yang lebih mudah adalah hal yang wajar. Berhati-hatilah terhadap peluang yang Anda pilih. Beberapa memang ada yang akan benar-benar membantu Anda, namun banyak juga yang hanya menggelincirkan Anda.

6. Sediakanlah Waktu. Membangun sebuah bisnis memang memerlukan waktu. Meskipun kita pernah mendengar banyak sekali kisah orang-orang yang terlihat mencapai kesuksesan dalam waktu semalam, jika Anda bertanya kepada mereka, Anda akan mendapatkan bahwa mereka membutuhkan waktu dan bekerja sangat keras demi mencapai kesuksesan mereka.

7. Jalankanlah Tiap Teknik yang Anda Coba Sedikitnya 6 Bulan. Ketika menerapkan sebuah teknik baru, sangat mudah untuk membuangnya ketika Anda tidak melihat hasilnya dengan seketika. Lalu Anda mencoba sesuatu yang lain, dan juga tidak berhasil. Atau Anda mencoba lagi teknik lain yang kelihatannya bagus, dan kemudian hasilnya sama saja tidak seperti yang diharapkan. Sebagian besar teknik membutuhkan waktu untuk dijalankan.

Tips Bonus : Jadilah seorang murid. Senantiasalah belajar. Bisnis Anda akan berubah dan Anda membutuhkan penyesuaian terhadap perubahan itu. Terapkan apa yang telah Anda pelajari. Banyak hal yang Anda lakukan akan mengalami trial and error, tetapi Anda akan mendapatkan keberhasilan. Jika memungkinkan, mintalah nasihat seorang ahli atau berkomunikasilah untuk membantu Anda sepanjang perjalanan bisnis Anda.

1 komentar:

  1. resepnya komplit...Makasih pak eko...sukses selalu...salam kenal ya

    BalasHapus