Senin, 30 Mei 2011

Mendownload Opera Mini Langsung dari Handphone

Sering saya mendapatkan pengalaman di kantor saat rekan-rekan kantor saya minta tolong agar handphone mereka diisi aplikasi browser Opera Mini, karena mereka bilang Opera Mini lebih murah, lebih cepat, dan lebih enak digunakan saat browsing dibandingkan dengan browser bawaan pada handphone. Senang rasanya bisa membantu mereka, asalkan kondisi kantor sedang aman terkendali dan si bos sedang tidak di tempat, he..he.. (ketahuan deh belangnya).

Pertama-tama saya lihat dulu merk handphonenya, kalau ada fitur bluetooth dan memory handphone cukup, langsung saja saya kirimi file master Opera Mini yang ada di handphone saya. Kirim, install, beres. Tapi tidak semua handphone dengan fitur bluetooth dapat dengan mudah dikirimi aplikasi atau software lho. Bukan maksud hati nyindir salah satu handphone rekan saya di kantor, peace. Terutama handphone lokal atau handphone Cina (kebanyakan orang bilang), bisa sih dikirimi file java tapi ada yang tidak bisa diinstall.

Kedua apabila tidak ada fitur bluetooth, saya tanya, GPRS-nya sudah aktif belum? Kalau belum, wah saya butuh sedikit waktu ekstra lagi buat mengaktifkan GPRS. Tapi biasanya handphone sekarang rata-rata sudah terisi settingan untuk masing-masing operator seluler, jadi tinggal pilih settingan yang sesuai dengan operator selulernya.

Ketiga saya tanya lagi, pulsanya ada tidak? Sebab untuk mendownload aplikasi atau software handphone butuh pulsa, kadang murah kadang juga mahal tergantung tarif internet operator seluler yang dipakai. Kalau jawabannya, "oh jangan ngece (mengejek), pulsaku tidak pernah habis," he..he.. Langsung saja saya kerjakan. Tahapan yang saya tulis ini menggunakan handphone Nokia E51 dengan sistem operasi Symbian. Untuk handphone tipe dan merk lain mungkin tidak sama tapi langkah umumnya hampir sama. Begini ceritanya :

1. Masuk di halaman awal handphone, lalu klik icon Web


2. Klik menu Options > Navigation options > Go to web address




3. Pada kolom isian ketik http://m.opera.com lalu klik Go to


4. Tunggu proses koneksi internet berjalan, setelah itu akan tampil halaman download Opera for Mobile Devices. Merk dan tipe handphone kita akan terdeteksi, misal pada screenshot tertulis Device detected: Nokia - E51.

5. Di bawah tulisan itu ada beberapa link download, kok banyak banget ya, tenang karena kita ingin download Opera Mini maka yang kita klik ya Opera Mini. Misal pada screenshot saat itu tersedia Download Opera Mini 5.1 (English (Indonesia)). Kalau sekarang versinya sudah lebih canggih lagi.


6. Tunggu sebentar sedang proses Preparing installation (persiapan pemasangan)


7. Setelah itu muncul pertanyaan Download and install 'Opera Mini'?, kita klik Yes




8. Lalu muncul Details: Name Opera Mini, Version 5.01(0), dst. Kita klik Continue




9. Tunggu sebentar sedang proses Downloading (jangan tekan apa-apa)


10. Ada pertanyaan lagi, Allow aplication Opera Mini to use network and send or receive data? Kita klik Yes


11. Alhamdulillah proses download selesai, muncul tampilan Welcome to Opera Mini 5! dan tulisan di bawahnya yang berbahasa Inggris. Isinya tentang perkenalan Opera Mini dan penjelasan fitur-fitur yang diberikan. Daripada susah-susah dan bingung mengartikan, mending klik aja Accept




12. Tampilah halaman awal Opera Mini yang kita inginkan. Saat itu ada beberapa icon shortcut dari alamat website atau situs yang diberikan, ada Tekomsel, Facebook, Viva News, Twitter, detik.com, dan Opera Mobile Store.


13. Sekarang kita coba test klik icon shortcut link detik.com, tunggu sebentar dan nah halaman awal detik.com tampil (saat itu ada berita Demontrasi Berdarah di Mesir).


Itulah tahapan-tahapan yang saya sampaikan tentang mendownload Opera Mini langsung dari handphone. Cukup panjang tahapannya tapi kalau kita mempraktekkannya cuma sebentar kok. (tergantung kecepatan GPRSnya juga sih, kalau sudah support 3G atau HSDPA malah lebih cepat lagi).

Sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

3 komentar:

  1. lam kenal mas, saya hanya blogwalking aja ketimbang koment di blog yang sudah ngetop, mending cari cara ngetopin blog kelas bawah seperti kita2 ini ya gak..ha.ha.ha
    jgn lupa senggol balik blog kita mas www.roadtobisnis.blogspot.com
    keep posting

    BalasHapus
  2. mana nih postingan barunya?jangan lama2 ditinggalin rumahnya ntar ada penunggunya lho

    BalasHapus
  3. mantap sob tutorial langkahnya. sip dah. sedikit dapet ilmu dari sini.thanks

    BalasHapus