Selasa, 21 Februari 2012

Cara Navigasi Blackberry Tanpa Trackball


Trackball Blackberry

Banyak ponsel cerdas BlackBerry seri lama yang dirancang dengan menggunakan trackball. Bagi Anda yang menggunakannya, trackball pada BlackBerry Anda adalah hal yang sangat penting untuk navigasi smartphone Anda. Trackball memungkinkan Anda untuk menavigasi layar, aplikasi dan kursor (misal saat menulis teks).

Sebenarnya mengoperasikan BlackBerry tanpa trackball mirip dengan mengoperasikan komputer Anda tanpa mouse - hal yang mungkin dapat dilakukan, tapi sulit. Setelah menggunakan BlackBerry Anda untuk beberapa lama, Anda mungkin memperhatikan bahwa kotoran, cairan dan hal lain bisa terjebak di bawah bola trackball, dan menyebabkan trackball macet atau tidak responsif. Memang trackball dapat dibersihkan atau diganti dengan trackball baru. Tapi sementara Anda belum sempat memperbaiki trackball, paling tidak Anda masih dapat mengoperasikan BlackBerry Anda.

Pengaturan standar pada BlackBerry baru, untuk shortcut (cara pintas) dari layar utama biasanya belum aktif. Jika Anda belum mengaktifkan shortcut, Anda harus melakukannya sebelum Anda dapat menavigasi tanpa menggunakan trackball.

Mengaktifkan Tombol Shortcut

1. Buka aplikasi [Phone] dengan menekan tombol hijau [Call/Send]. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kiri trackball Anda.

2. Tekan tombol [Menu]. Tombol ini di sebelah kiri trackball dan terdapat logo BlackBerry.

3. Pilih [Options] dari daftar yang muncul. Anda dapat memilih dengan menekan tombol [Enter]. Setiap menekan tombol [Enter] kursor akan scroll down (gulir ke bawah) tiap baris satu per satu.

4. Pilih [General Options] dengan menekan tombol [Enter].

5. Mengubah pada [Dial From Home Screen] dengan [No]. Setiap Anda gulir ke bawah pada isian ini dengan menekan tombol [Enter], Anda dapat menekan [Alt] untuk mengakses sub-menu yang memberikan Anda pilihan [Yes] dan pilihan [No].

Mengaktifkan Tombol Shortcut Blackberry

6. Tekan tombol [Back] dan tekan tombol [S] untuk menyimpan pilihan Anda. Ini adalah tombol dengan simbol panah melengkung di sebelah kanan trackball. BlackBerry Anda sekarang dapat digunakan untuk mengakses tombol shortcut (cara pintas) dari home screen (layar awal).

Shortcut

1. Tekan [M] untuk membuka pesan dari layar awal. Setelah Anda dalam aplikasi pesan, Anda dapat menekan [C] untuk menulis email, tekan [S] untuk mencari pesan lama, tekan [V] untuk melihat pesan yang disimpan. Untuk naik satu layar, tekan tombol [Shift Kiri] dan tombol [Space]. Untuk turun satu layar, tekan tombol [Space]. Menekan [T] akan memindahkan Anda ke bagian paling atas daftar pesan. Menekan [B] akan memindahkan Anda ke bagian paling bawah. Dengan menekan [U], Anda dapat pindah ke item yang belum dibuka. Tekan [N] untuk pindah ke tanggal berikutnya. Jika Anda ingin pindah ke tanggal sebelumnya, tekan [P].

2. Tekan tombol pintas pada Home Screen untuk mengakses aplikasi berikut :

[A] = Address Book (Buku Alamat)

[B] = Browser

[C] = Compose Message (Menulis pesan)

[D] = Memo Pad

[F] = Profiles

[G] = Google Talk

[H] = Help (Bantuan)

[I] = AOL Instant Messenger

[K] = Keyboard Lock (Mengunci tombol keypad)

[L] = Calendar

[M] = Messages

[N] = BlackBerry Messenger

[O] = Options

[R] = Alarm

[S] = Search (Pencarian)

[T] = Tasks (Tugas)

[U] = Calculator

[V] = Saved messages

[Y] = Yahoo! Messenger


3. Klik huruf pertama dari item menu untuk memilihnya setelah Anda membuka menu di BlackBerry Anda. Tekan [Enter] untuk menentukan pilihan Anda. Jika lebih dari satu item menu dimulai dengan huruf pertama yang sama, tekan tombol huruf beberapa kali sampai Anda tiba di item menu yang Anda inginkan.

Kelihatannya mudah kan. Tapi menurut pengalaman saya, ketika trackball macet, tidak semua hal pada BlackBerry dapat diakses tanpa menggunakan navigasi trackball sama sekali. Paling tidak jika hanya macet ke salah satu arah saja, kita masih dapat mencari-cari dan mencoba-coba dengan tombol-tombol lainnya bagaimana cara mengakali hal tersebut. Tapi jika kursor tidak dapat digerakkan ke dua atau tiga arah, lebih baik segera service atau ganti sparepart Blackberry Anda, daripada Anda stress sendiri menghadapi masalah itu.

Saya pernah mengalami masalah dengan Blackberry 8830 (Huron) milik saya. Suatu saat kursor tidak dapat digerakkan ke arah bawah. Lalu saya coba mengecek kondisi trackball-nya mungkin karena kotor. Mencoba membersihkan trackball dengan berbagai saran yang saya dapatkan melalui forum-forum di internet. Tapi tetap tidak berhasil, sehingga saya putuskan untuk membeli trackball baru. Dan ketika saya memasang trackball baru saya, terjadi hal yang sungguh membuat kecewa. Kursor tetap tidak dapat bergerak ke bawah. Akhirnya saya menyerah dan berniat untuk menyerviskan saja demi kesembuhan si Huron. Selanjutnya saya mencoba membawa ke dua tempat service yang lumayan terkemuka di kota saya Semarang, jawaban mereka sama-sama mengagetkan, ini harus ganti board sensor trackball yg posisinya tepat di bawah trackball. Tapi berhubung mereka tidak punya sparepart tersebut (maklum barang langka), akhirnya mereka mengembalikan Huron saya. Sedih sekali rasanya. Semoga Anda tidak mengalami hal yang sama.

Anda mempunyai pengalaman lain tentang hal ini, silakan berbagi pada kotak komentar.

Sumber : eHow oleh Zakiya Lathan; Gambar : indo-blackberry.com
Diterjemahkan dan dikembangkan oleh : Budi - Tim KlikTips.blogspot.com

4 komentar:

  1. Nice posting.
    Saya mengalami hal yg sama, trackball tdk bisa scroll atas dan tdk bisa klik.
    kebetulan juga dari Semarang.
    Keep posting :)

    BalasHapus
  2. info:
    Jika memang penyebab kerusakan adalah IC Sensor trackball (ada 4 IC utama, atas, bawah, kanan, kiri), saat ini sudah sangat banyak sparepart pengganti'nya dan harganya pun sangat terjangkau.
    Coba anda cek di beberapa situs penjualan online seperti MMI**line (maaf, saya tidak berniat untuk meng-iklankan situs tersebut, hanya untuk referensi).

    Salam, Ajix.
    * X-Cell Boyolali *

    BalasHapus