Rabu, 07 Desember 2011

Mengajarkan anak menggunakan Flashcard Glenn Doman

Glenn Doman bukanlah sekedar nama satu set flashcard, sebenarnya adalah nama seorang pendiri Institutes for the Achievement of Human Potential (Institut untuk Pencapaian Potensi Manusia). Glenn Doman percaya bahwa setiap bayi dan anak apakah dia menderita cedera otak, atau anak-anak sehat dan normal, bisa mulai belajar dari usia yang sangat muda.

Glenn Doman percaya bahwa anak-anak dapat mulai belajar dari usia tiga bulan. Tidak hanya dapat mengajarkan mereka pada tingkatan intelektual, tetapi juga pada tingkatan fisik. Menggunakan flashcard Glenn Doman dapat mengajarkan anak Anda alfabet, dan juga seiring mulai mengajarkan mereka bagaimana cara merangkak.

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa otak kita selalu berkembang, berubah, dan membentuk jalur saraf baru. Menurut Janet Doman, putri Glenn Doman, dalam dua belas bulan pertama kehidupan, otak kita sedang berkembang pesat, jadi jika kita tidak menggunakan pikiran kita dengan potensi yang penuh, kita berisiko kehilangan sel-sel otak tertentu. Hal ini sebagai tahun pertama kehidupan seorang bayi yang penuh kegembiraan baru dan kesempatan untuk belajar. Mereka itu baru saja terlahir dan mengenal dunia ini, dan tidak tahu apa-apa sampai setelah berada di dunia selama bertahun-tahun. Segala sesuatu yang mereka lihat bertindak sebagai stimulus untuk otak mereka, dan semakin mereka diajarkan dan diperkenalkan kepada hal yang berbeda, semakin mereka akan belajar. Jika kita percaya bahwa seorang anak bisa mendengar musik dan mengembangkan pemahaman ketika dia masih dalam kandungan, maka mengapa tidak mengajari mereka demi potensi penuh mereka pada tahun pertama.

Glenn Doman selama bertahun-tahun telah menulis banyak buku, kuliah yang diberikan, dan menghabiskan waktu dengan ribuan keluarga, dan anak-anak untuk belajar cara-cara baru untuk membantu keduanya sehat, dan untuk anak-anak berkebutuhan khusus menjadi lebih mampu. Salah satu metode ini adalah melalui flashcard Glenn Doman.

Baik membaca, mengenal benda dan program berhitung bisa didasarkan pada flashcard Glenn Doman. Banyak orangtua yang telah menggunakan flashcard Glenn Doman untuk mengajarkan anak-anak mereka telah bersaksi tentang keberhasilan mereka. Namun, pada saat yang sama, mereka juga mencatat bahwa setiap anak memiliki kecepatan mereka sendiri-sendiri ketika mereka belajar, dan sehingga Anda mungkin melihat perbedaan antara gaya belajar anak-anak Anda yang satu dengan yang lain. Ini benar sekali, bahkan dalam beberapa tahun kemudian, setiap anak belajar dengan cara yang berbeda-beda.


Anak-anak belajar dengan baik sebelum usia enam tahun. Jika Anda menunggu sampai usia enam tahun, maka Anda mungkin akan merampas potensi belajar mereka. Sebelum usia enam tahun, anak-anak tidak hanya lebih cepat dalam memilah kata-kata dan angka, tetapi juga karena mereka begitu ingin tahu, dan sangat termotivasi, mereka memilah kata-kata dan angka tersebut dengan lebih mudah. Anda juga mungkin pernah mengetahui bahwa anak-anak di usia muda bahkan berbahasa lebih cepat.

Oleh karena itu, Anda dapat mengajarkan anak Anda menggunakan flashcard Glenn Doman. Hal ini tidak hanya membantu mereka belajar, tetapi membuat belajar menjadi menyenangkan. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk membentuk ikatan batin yang bagus antara orang tua dan anak, sebagai pembelajaran yang terjadi hanya antara Anda dan anak Anda tanpa gangguan lain. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda mengajarkan kepada mereka ketika mereka berada pada saat-saat terbaiknya. Jangan mencoba untuk memaksa anak Anda untuk belajar ketika dia sedang lelah, rewel, atau pun sakit. Mereka harus melihat bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan, dan dengan demikian mereka akan belajar untuk menyukai kegiatan membaca dan menulis sebanyak mereka suka bermain, karena mereka akan melihat bahwa bermain dengan kata-kata dan gambar adalah sebagai suatu jenis permainan.


Glenn Doman sebenarnya juga memberikan saran untuk membuat kartu sendiri di rumah. Tapi untuk saat ini Anda tidak perlu susah payah membuat kartu sendiri. Anda bisa mendapatkan flashcard untuk mengajarkan anak Anda dengan harga yang terjangkau, bahan yang berkualitas dan berbagai jenis pengajaran sesuai dengan usia anak balita Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui macam-macam flashcard dan juga ingin membelinya, Anda bisa mencoba mengunjungi www.mainanedukatifbalita.blogspot.com

Sumber : www.flashcardskids.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar